Our location map
Total 0 Site Visitors
26°C

TICKET
CHECK

PROMO CHECK
News


Badak Koleksi Batu Secret Zoo Dapat Tumpeng 100 Kg Sayur

www.jawapos.com

JawaPos.com - Seekor badak India koleksi Batu Secret Zoo bernama Bertus diberi hadiah berupa tumpeng sayur dan buah sebanyak 100 kilogram, Sabtu (22/9). Pemberian hadiah tersebut sebagai peringatan hari Badak Sedunia yang diperingati setiap tanggal 22 September. 

Tumpukan sayur itu berisi beberapa jenis sayuran dan buah, seperti kol, sawi, kubis, semangka, wortel, dan lain sebagainya. Ya, Bertus mendapatkan makanan spesial pada hari Badak Sedunia yang jatuh pada tanggal 22 September ini.

Jika biasanya dalam sehari Bertus bisa menghabiskan 50 kg sayur dan buah, tapi hari ini dia diberi makanan sebanyak dua kali lipat, yakni 100 kg. Uniknya, makanan itu dikemas dalam bentuk tumpeng layaknya sedang merayakan ulang tahun. 

Badak berjenis kelamin jantan itu pun langsung melahap makanan tersebut. Dalam sekejap, Bertus langsung menghabiskan tumpeng yang khusus diberikan untuknya itu. 

Dokter Hewan Batu Secret Zoo, Prista Dwi Restanti mengatakan, perayaan ini sekaligus sebagai edukasi kepada masyarakat agar turut melindungi hewan yang populasinya mulai berkurang tersebut. "Karena maraknya penjualan cula badak secara ilegal, kami harap masyarakat turut andil dalam melindungi hewan ini," ujarnya. 

Dia menyampaikan, saat ini populasi badak terus berkurang. Terutama badak Sumatera yang saat ini hanya tinggal 67 ekor saja. Menurutnya, maraknya perdagangan cula badak secara ilegal dan dipercaya untuk kesehatan sangat disayangkan. Karena faktanya, lanjut dia, tidak ada analisis medis yang menyatakan cula Badak berkhasiat untuk kesehatan. 

Batu Secret Zoo sendiri berperan sebagai tempat konservasi badak tersebut. Harapannya, dengan event ini bisa menjadi pengingat bagi masyarakat untuk turut melindungi populasi badak. "Harapannya perdagangan ilegal cula Badak ataupun pembunuhan Badak bisa dihentikan," kata dia. 

Di Batu Secret Zoo sendiri terdapat tiga Badak yang menjalani konservasi. Selain Bertus, dua Badak lainnya merupakan Badak Afrika Betina bernama Kito dan Tisa.

(fis/JPC)

Previous News