Our location map
Total 0 Site Visitors
26°C

TICKET
CHECK

PROMO CHECK
News


Terpesona dengan Batu Secret Zoo, Melaka Zoo Ajak Kerjasama

batutimes.com

BATUTIMES - Kagum akan Batu Secret Zoo Jawa Timur Park 2, Kebun Binatang Melaka (Melaka Zoo) Malaysia mengajak kerjasama. Hal ini diseriusi untuk mengembalikan masa-masa kejayaan Melaka Zoo dengan penandatanganan kerjasama kemitraan antar dua lembaga konservasi dalam dan luar negeri di Pohon Inn, Jumat (4/10/2019).

Penandatanganan kerja sama ini diikuti dengan kunjungan tiga hari oleh tim Kebun Binatang Melaka ke Batu Secret Zoo dan beberapa park di  bawah naungan Jawa Timur Park Group yang dipimpin langsung oleh Presiden Hang Tuah Jaya, Bapak Wali Kota Melaka, Tuan Mohd Rafee Bin Ibrahim.

Kerjasama ini adalah kelanjutan dari upaya Kebun Binatang Melaka untuk mengembalikan masa-masa kejayaan mereka. President Hang Tuah Jaya, Wali Kota Melaka, Tuan Mohd Rafee Bin Ibrahim mengatakan, Kebun Binatang Melaka memilih Batu Secret Zoo sebagai partner untuk program pengembangan karena merupakan lembaga konservasi terbaik di Asia (No 9 Best Zoo in Asia & No 5 Best Destination Site in Asia by TripAdvisor.

Dan merupakan lembaga konservasi yang memiliki berbagai macam spesies satwa unik baik dari Indonesia maupun negara lain. “Kenapa Batu Secret Zoo, kata teman-teman ini bagus dan indah. Tapi setelah saya masuk ke dalam, benar-benar sangat bagus, bersih dan harus ditiru,” kata Rafee.

Bukan hanya sekadar kebun binatangnya, namun sistem sumber daya manusianya yang juga menjadi perhatiannya. Ia menambahkan, Kebun Binatang Melaka didirikan pada tahun 1963, merupakan kebun binatang terbesar di Malaysia dan saat ini di bawah naungan Majilis Perbandaraan Hang Tuah Jaya (MPHTJ) sejak 1 Oktober 2018.

Dengan motto perlindungan alam, Pendidikan dan Rekreasi, kurang lebih ada 500 binatang dari 150 spesies yang berbeda dari seluruh dunia. Konsep kebun binatang ini terbuka untuk masyarakat setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga 18.00 malam.

“Setiap tahunnya pengunjung antara 600-800 ribu wisatawan yang datang. Belajar dari Batu Secret Zoo kami ingin membenahi beberapa pada aspek melalui kerjasama ini,” imbuhnya.

Sementara itu Direktur Jawa Timur Park 2 Ronny Sendjojo menambahkan, kerjasama dengan kebun binatang ini sudah beberapa kali bermitra bersama luar negeri. “Kalau kerjasama dengan Malaysia ini pertama, kita juga ada mitra dengan Zoo di Eropa,” kata Ronny.

Ia menjelaskan, kerjasama ini ke depan mulai dari kemampuan keeper peningkatan sumber daya manusia, dan pertukaran satwa. “Mungkin pertukaraan hewan ini bisa jerapah atau tapir,” jelasnya.

Ronny berharap dengan adanya kerjasama ini bisa memberikan perubahan yang lebih baik untuk Kebun Binatang Melaka.

Pewarta : Irsya Richa
Editor     : Sri Kurnia Mahiruni

Sumber : http://www.batutimes.com/baca/25966/20191004/144700/terpesona-dengan-batu-secret-zoo-melaka-zoo-ajak-kerjasama/
    

 

Previous News