Our location map
Total 0 Site Visitors
26°C

TICKET
CHECK

PROMO CHECK
News


World Animal Day, 1000 Koin Konservasi Bintang Endemik dari 30 Komunitas Satwa dan Jatim Park 2

malangtimes.com

MALANGTIMES - Jawa Timur Park (JTP) 2 punya cara sendiri dalam memperingati World Animal Day Minggu (6/10/2019).  Kali ini Jawa Timur Park 2 ikut mengampanyekan tentang konservasi satwa endemik di Indonesia. 

Salah satunya dengan program 1000 koin untuk menyelamatkan satwa yang hampir punah dengan menggalang koin dari pengunjung untuk keperluan konservasi. Hal ini dilakukan oleh sebanyak 20 komunitas satwa di Malang Raya. Mereka berkumpul menyuarakan kepeduliaannya dengan satwa endemik di Indonesia yang banyak kehilangan habitat asalnya. 

Gerakan 1000 Koin ini dengan mengajak masyarakat yang berkunjung ke Jawa Timur Park 2 untuk menyisihkan uang koin yang akan disumbangkan untuk program konservasi satwa endemik Indonesia. Penyaluran dana tersebut secara transparan dapat dilihat melalui website www.actionindonesiagsmp.org.

Lalu juga dilakukan dengan berbagai perlombaan, mulai dari perlombaan fashion show kucing, anjing, adu cepat kura-kura, dan gecko. 

General Manajer (GM) Batu Screet Zoo Agus Mulyanto mengatakan, World Animal Day tanun ini dilakukan untuk menyuarakan kepedulian terhadap konservasi binatang endemik diantaranya Harimau, Babi Rusa, Banteng dan Anoa yang kondisi saat ini sudah sangat memprihatinka.  “Salah satu contoh Harimau Sumatra hingga saat ini hanya tersisa 603 ekor. Ditambah sekarang banyak terjadi kebakaran hutan yang mengakibatkan habitat asli hewan endemik itu sendiri semakin sempit,” ungkap Agus.

Sehingga dalam ajang penggalangan 1000 koin ini nantinya akan digunakan sebagai keperluan konservasi. “Keperluan konservasi salah satunya untuk penyelamatan berupa pelestarian dan revitalisasi lingkungan yang sudah banyak di rusak akibat kebakaran dan yang lain,” imbuhnya.

Lalu ada Photo Contest, program ini mengajak pengunjung untuk mengunggah foto satwa di Jawa Timur Park 2 dengan menulis caption tentang cerita menarik di balik foto tersebut dengan tema “Action Indonesia Day” dalam rangka kampanye penyelamatan 4 satwa endemik Indonesia di kancah Internasional.

Menurut Agus melalui kegiatan ini dapat memberikan kesadaran kepada pengunjung akan pentingnya konservasi satwa baik untuk sekarang maupun untuk masa depan. 

PEWARTA  : IRSYA RICHA
FOTO         : ANAQIN
EDITOR     : A YAHYA

Sumber : https://www.malangtimes.com/baca/44810/20191006/212600/world-animal-day-1000-koin-konservasi-bintang-endemik-dari-30-komunitas-satwa-dan-jatim-park-2

Previous News