Our location map
Total 0 Site Visitors
26°C

TICKET
CHECK

PROMO CHECK
News


Batu Secret Zoo sukses mengembang biakkan gajah Sumatera untuk kedua kalinya.

jtp.id

Gajah merupakan mamalia terbesar di darat. Ada dua jenis spesies gajah di dunia, yaitu gajah afrika (Loxodonta africana) dan gajah asia (Elephas maximus). Gajah-gajah yang ada di Batu Secret Zoo adalah gajah Sumatera, sub spesies dari gajah asia dengan nama ilmiah Elephas maximus sumatranus.

Gajah Sumatera termasuk satwa terancam punah (critically endangered) yang dikeluarkan oleh Lembaga Konservasi Dunia – IUCN. Di Indonesia, gajah Sumatera juga masuk dalam satwa dilindungi menurut Undang-Undang No 5 Tahun 1990. Ada tiga permasalahan besar yang saat ini terjadi yang menimbulkan kematian gajah di alam, yaitu penurunan habitat gajah akibat konversi lahan, perburuan gading gajah dan konflik gajah dengan manusia. Konflik gajah dengan manusia juga merupakan dampak dari penurunan habitat gajah akibat konversi lahan, merangseknya masyarakat di sentra-sentra populasi gajah liar di alam.

Oleh karena itu, merupakan kebanggaan bagi Batu Secret Zoo sebagai lembaga konservasi ex-situ atas keberhasilan melahirkan anakan gajah kedua yang lahir pada tanggal 5 Juli 2019 pada pukul 02:22 WIB dengan berat badan ±87 kg dan tinggi badan ±76 cm, berjenis kelamin jantan. Indukan gajah bernama Nazumi berumur 21 tahun dan pejantan bernama Andalas berumur 22 tahun, kedua gajah ini berasal dari Pusat Latihan Gajah (PLG) Padang Sugihan, Banyuasin, Sumatera Selatan. Sebelum berada di PLG, gajah Nazumi dan Gajah Andalas dimanfaatkan untuk atraksi. Mereka didatangkan ke Batu Secret Zoo pada tanggal 19 Maret 2015 yang bertujuan untuk konservasi dan sarana edukasi bagi pengunjung tentang gajah, khususnya gajah Sumatera.

Rencananya anak gajah yang baru lahir ini akan dikeluarkan dari kandang untuk pertama kalinya pada Sabtu, 13 Juli 2019 sehinggal para pengunjung dapat melihat secara langsung anak gajah yang sangat menggemaskan ini, selain itu juga Batu Secret Zoo Kedatangan Direktorat Jenderal Konservasi Sumberdaya Alam dan Ekosistem, Ir. Wiratno, M.Sc. bertujuan untuk memberikan nama pada anakan gajah kedua di Batu Secret Zoo. Bayi gajah ini merupakan anak kedua dari indukan Nazumi, oleh karena itu Nazumi terlihat lebih tenang saat melahirkan, serta lebih perhatian dan sangat menjaga sang anak.

Masa kebuntingan gajah 22-23 bulan, selama kebuntingan tim dokter hewan Batu Secret Zoo melakukan pemeriksaan yang berkaitan dengan kebuntingan gajah Nazumi, meliputi pemeriksaan kadar kalsium darah, serta Ultrasonografi. Hal ini dilakukan untuk evaluasi kesehatan induk serta fetus/ bayi selama kebuntingan.

Previous News