Our location map
Total 0 Site Visitors
26°C

TICKET
CHECK

PROMO CHECK
News


5 Tahun Museum Angkut, Mobil Vintage Buick 1910 Usia 1 Abad Dihidupkan Kembali

www.suaraindonesia.co.id

Kota Batu - Mobil Vintage Buick 1910 Tonneau keluaran General Motors buatan Amerika tahun 1900 berhasil dihidupkan kembali oleh Museum Angkut Kota Batu.

Dihidupkannya alat transportasi yang berusia 1 abad itu sebagai persembahan hari jadi yang ke-5 Museum Angkut.

Museum Angkut memamerkan dan menjalankan mobil ini di  area Gangster Town. Mobil dikemudikan langsung oleh Endang Ahmad Shobirin, Operational Manager Museum Angkut.

"Mobil ini kita tampilkan untuk menghibur wisatawan dalam rangka anniversary yang ke 5 museum angkut," tutur Endang.

Mobil berwarna putih itu menggunakan mesin 4 silinder dan berbahan bakar premium. Mesinnya mempunyai kekuatan 2400 cc.

"Kecepatan mobil ini mampu menghasilkan 24 sampai 40 tenaga kuda," tuturnya.

Menurutnya, koleksi mobil itu hanya ada 5 di dunia. Salah satunya ada di Museum Angkut Kota Batu. Menampilkan mobil berusia satu abad ini menjadi suatu kehebatan dunia bagi Endang karena masih bisa nyala dan jalan.

"Kita tampilkan karena mobil vintaga tak hanya sebagai tontonan di museum tapi tuntunan yang bisa dijalankan dm ditampilkan," tuturnya.

Untuk mengemudikan mobil ini ada 3 pedal. Antara lain  pedal kiri untuk maju, pedal tengah untuk mundur, dan pedal kanan untuk rem. Sedangkan di bawah setir itu ada besi kecil yang ternyata digunakan untuk laju gas.

Klaksonnya berbentuk terompet, sehingga saat akan dibunyikan harus dipencet terlebih dahulu. Sedangkan untuk lampu mobil dihidupkan menggunakan bahan bakar gas, minyak dan juga karbit.

Salah satu pengunjung asal Kota Bandung, Hani Nurhaini mengatakan terpesona dengan suguhan yang ditunjukkan oleh Museum Angkut.

“Saya belum pernah melihat pertunjukan mobil tua seperti ini, keren sekali mobil tua itu masih bisa dijalankan," tuturnya.


Kontributor : Sammy
Editor : Nanang Habibi
Publisher : Alfina Putri

Previous News