Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Cotton-top Tamarin



Conservation Status

CR
Critically Endangered


Kembali

Zona BSZ: Secret Zoo

Genus: Saguinus

Spesies: Saguinus oedipus

Panjang Tubuh: 18cm - 30 cm

Berat Tubuh: 220g - 900g

Rentang Usia: 13-24 tahun

Habitat: Tepi hutan tropis dan hutan sekunder

Penyebaran: Kolombia bagian tenggara, berbatasan dengan Cauca, Magdalena Rivers dan pesisir Atlantik

Makanan: Buah-buahan, nektar, serangga, serta reptil dan amfibi.

Jumlah Populasi: 6.000

Status Konservasi: Sangat Terancam (Critically Endangered)

 

Kamu harus tahu!

Cotton-top tamarin (tamarin rambut kapas) adalah spesies monyet kecil yang awalnya ditemukan di hutan Amerika Selatan. Nama ‘rambut kapas’ berasal dari bulu putih cantik di area kepala hingga pundak. Tamarin jenis ini adalah yang terkecil, ukurannya hanya 17 cm dengan ekor 25 cm. Dan mereka sangat supel! Dalam 1 kelompok bisa terdapat 2-14 anggota. Mereka juga terbuka dengan tamarin lain yang masuk ke teritori mereka.

Si Penanam Pohon

Tamarin berperan penting dalam menyebarkan benih di ekosistem tropis. Mereka mencerna biji yang lebih besar daripada yang dimakan primata besar lainnya, lho. Benih hasil pencernaan mereka pun tersemai lebih baik. Selain itu, seperti manusia suka tidur dengan selimut, cotton-top tamarin suka tidur di balik rerimbunan pohon, di bawah daun lebar, cabang, dan benalu.

Memang benar ya, kalau…?

Tamarin suka bangun siang? Benar! Lebih dari sekadar bangun siang, mereka juga tidur di pohon yang sama dalam area sekitar rumah mereka, namun tidak dalam dua malam berturut-turut. Dengan memilih pohon secara teliti, bangun lebih siang daripada primata lain, dan mencari makan serta menjelajah dengan cepat sebelum petang, cotton-top tamarin bisa menghindari predator malam.

CEK
TIKET
CEK PROMO