Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Clown Fish



Conservation Status

LC
Least Concern


Kembali

Zona BSZ: Aquarium

Genus: Amphiprion

Spesies: Amphiprion percula

Panjang Tubuh: 10-18 cm

Jenis air: air laut

Rentang Usia: 4-8 tahun

Habitat: gugusan karang tropis

Penyebaran: Samudera Hindia dan Pasifik, Laut Merah, Great Barrier Reef (Australia)

Makanan: rumput laut, plankton, molluska

Jumlah Populasi: -

Status Konservasi: Bebas (Least Concern)

Kamu harus tahu!

Tokoh utama film Finding Nemo adalah seekor clown fish, lho.  Ikan lucu ini merupakan jenis anemon yang tinggal di gugusan karang tropis. Penampilan yang paling terkenal adalah clown fish berwarna oranye dengan pola warna putih, walau corak mereka lebih beragam dari itu. Setidaknya terdapat 28 jenis clown fish di Samudera Pasifik dan Hindia.

Kebal racun anemone

Clown fish dikenal kebal terhadap sengatan anemone. Kebanyakan clown fish tinggal di sekitar anemone laut. Mereka tinggal di situ untuk berlindung dari predator dan juga karena banyak terdapat sumber makanan. Di area anemone, clown fish membentuk satuan kelompok jantan, betina dan beberapa clown fish jantan kecil. Semua clown fish lahir sebagai jantan, kemudian perlahan-lahan membentuk sistem reproduksi betina.

Memang benar ya, kalau...?

Clown fish tidak terancam polusi laut? Hmm, terancam juga, sih. Namun, telur clown fish di setiap masa reproduksi itu banyak sekali. Jadi walau tingkat polusi di lautan meningkat dan perusakan habitat juga marak, jumlah clown fish tetap tinggi di alam liar.

CEK
TIKET
CEK PROMO