Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

African Lion



Conservation Status

VU
Vulnerable


Kembali

Zona BSZ: Safari Farm

Genus: Panthera

Spesies: Panthera leo

Panjang Tubuh: 1,4-2,5 meter

Berat Tubuh: 120 – 249 kg

Rentang Usia: 8-15 tahun

Habitat: hutan kayu terbuka, semak belukar, padang rumput

Penyebaran: sub-sahara Afrika

Makanan: antelop, warthog, zebra

Jumlah Populasi: 23.000

Status Konservasi: Rentan (Vulnerable)

Kamu harus tahu!

Singa afrika adalah kucing paling besar di Afrika. Di dunia, ukuran dan kekuatannya hanya diungguli oleh harimau siberia. Singa memiliki perbedaan dengan jenis kucing lain dalam hal mereka suka berkumpul dan membentuk kawanan. Kini populasi singa di alam liar hanya terdapat di sub-sahara Afrika, setelah jumlah mereka turun hingga 30% selama 20 tahun terakhir.

Kawanan singa

Kawanan singa, dinamai sebagai ‘pride’, adalah karakter unik dari spesies ini. Mereka membentuk ikatan sosial yang kuat. Satu kelompok akan berisi 5-15 betina dengan 1 jantan. Singa jantan akan berpatroli teritori seluas 100 meter persegi dan menandai pohon dan batu dengan urine dan suara auman. Sementara itu, singa betina akan bertugas memburu mangsa, walaupun ketika mangsa didapat, singa jantanlah yang akan dipersilakan makan terlebih dahulu.

Memang benar ya, kalau...?

Kawanan singa dilatih berburu sejak kecil? Benar! Singa-singa kecil sebenarnya dibiarkan bermain, tapi ‘ibu singa’ akan menentukan apakah seekor singa kecil cocok sebagai pemburu atau pendesak (menyudutkan mangsa agar mudah dikendalikan). Selain itu, satu kelompok biasa memiliki auman yang berbeda agar mudah menentukan posisi satu sama lain.

CEK
TIKET
CEK PROMO