Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Green Tree Python



Conservation Status

EN
Endangered


Kembali

Zona BSZ: Reptil Garden

Genus: Morelia

Spesies: M. viridis

Panjang Tubuh: 150–180 cm

Berat Tubuh: 1,100–1,400 g

Rentang Usia: 15 tahun

Habitat: pepohonan dan semak belukar di sekitar hutan hujan

Penyebaran: hutan di Irian Jaya dan Kalimantan, New Guinea, dan Australia

Makanan: reptil kecil

Jumlah Populasi: -

Status Konservasi: Terancam (Endangered)

Kamu Harus Tahu!

Ular yang banyak ditemukan di kepulauan Aru ini, dapat mencapai panjang dua meter dan berat satu kilo setengah dengan betina lebih besar dari jantan. Habitat utama mereka berada di hutan hujan, lebih spesifiknya di pepohonan dan semak-semak belukar. Banyak hidup di atas pohon, piton pohon hijau ini seringnya memburu dan makan reptil dan mamalia kecil.

Populasinya Terancam

Walaupun piton pohon hijau tersohor di kalangan kolektor pecinta satwa, ternyata populasinya saat ini mulai rentan. Investigasi di provinsi Maluku, Papua Barat, dan Papua dari tahun 2009 sampai 2011 mengungkapkan bahwa 80% piton hutan hijau yang diekspor ditangkap di alam liar. Maka penangkaran menjadi pilihan terbaik demi kelangsungan hidup kawanan ular berwarna hijau terang ini.

Memang benar ya, kalau...?

Ular piton suka makan burung? Hmm, belum bisa dipastikan. Piton bisa menggunakan tali untuk berpegang pada cabang lalu menyambar cepat mangsanya. Namun, setelah meneliti 1,000 ular piton jenis ini, seorang peneliti menemukan tidak ada sisa tubuh burung dalam perut piton.

CEK
TIKET
CEK PROMO