Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Komodo Dragon 



Conservation Status

VU
Vulnerable


Kembali

Zona BSZ: Reptil Garden

Genus: Varanus

Spesies: Varanus komodoensis

Panjang Tubuh: 2-3,4 meter

Berat Tubuh: 70-150 kg

Rentang Usia: 25-40 tahun

Habitat: padang rumput terbuka yang panas dan gersang, sabana, dan hutan tropis di dataran rendah

Penyebaran: pulau-pulau di Indonesia seperti Pulau Komodo, Rinca, Flores, dan Gili Motang

Makanan: hewaninvertebrata, burung, dan rusa

Jumlah Populasi: 3.000-5.000

Status Konservasi: Rentan (Vulnerable)

Kamu Harus Tahu!

Komodo adalah spesies kadal terbesar yang bisa tumbuh hingga sepanjang 3 meter dengan berat hingga 70 kg. Besarnya tubuh komodo, suatu fenomena yang disebut island gigantism, disebabkan oleh tidak adanya binatang karnivora yang ikut bersaing di habitat mereka. Komodo sendiri adalah sisa populasi kadal raksasa yang hidup belasan ribu tahun lalu di jaman Pleistocene.

Air liur penuh racun

Komodo dikenal memiliki 50 jenis bakteri racun berbeda dalam air liur mereka. Racun ini akan merusak jaringan otot, menyebabkan luka gigitan secara cepat terinfeksi. Racun ini diciptakan oleh kelenjar di mulutnya. Cara komodo memangsa di alam liar – dengan incaran berupa babi, kambing, rusa, atau kuda – adalah dengan menggigit dan menyebar racun, lalu mengikuti mangsa hingga bermil-mil jauhnya sampai mereka mati karena kehabisan darah..

Memang benar ya, kalau...?

Komodo bisa merangkak dengan cepat? Iya, benar! ?Komodo merupakan predator dengan banyak kemampuan. Ia bisa merangkak cepat hingga 20 km/jam, menyelam hingga kedalaman 4,5 meter, dan memanjat pohon menggunakan cakarnya.

CEK
TIKET
CEK PROMO