Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Lori Kukang



Conservation Status

VU
Vulnerable


Kembali

Zona BSZ: Nocturnal House

Genus: Nycticebus

Spesies: N. coucang

Panjang Tubuh: 27-38 cm

Berat Tubuh: 599-685 gram

Rentang Usia: 20 tahun

Habitat: hutan hujan yang lebat

Penyebaran: Indonesia, Malaysia bagian barat, Thailand bagian selatan, Singapura

Makanan: getah, buah, serangga, laba-laba

Jumlah Populasi: -

Status Konservasi: Rentan (Vulnerable)

Sunda slow loris adalah primata strepsirrhine yang berasal dari Asia Tenggara. Hewan ini memiliki lingkaran gelap di sekitar matanya yang besar, hidung putih dengan corak garis putih hingga ke dahi. Berbeda dengan jenis Bengal slow loris, warna bulu Sunda slow loris lebih coklat dengan panjang tubuh kira-kira 27-38 cm.

Diam-diam merayap

Tidak jauh beda dengan spesies loris lain, sunda slow loris berjalan pelan di atas dahan pohon. Pelan sekali, di atas empat kaki. Cara ini dinilai unik oleh para peneliti, karena kakinya seperti merangkak ke segala arah. Saat berpindah arah, sunda slow loris akan melakukannya dengan diam-diam, pelan-pelan.

Memang benar ya, kalau...?

Loris suka bergaul dengan sesama loris? Hmm, belum benar. Hanya 8 % waktu dalam sehari yang dipakai loris untuk melakukan aktivitas di dekat loris lain. Ia suka sendirian dan ia memang jarang punya aktivitas sosial dengan sesama spesiesnya. Hal ini berkaitan bahwa loris jantan hanya punya satu pasangan, dan anak mereka akan hidup dekat dengan orangtua. Seperti keluarga, ya?

CEK
TIKET
CEK PROMO