Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Sulawesi Tarsier



Conservation Status

EN
Endangered


Kembali

Zona BSZ: Nocturnal House

Genus: Tarsius

Spesies: T. Tarsier

Panjang Tubuh: 9 -16 cm

Berat Tubuh: 80 - 165 g

Rentang Usia: 12-20 tahun

Habitat: hutan, mangrove, semak belukar

Penyebaran: beberapa pulau di Asia Tenggara

Makanan: serangga, cicak, burung kecil

Jumlah Populasi:  -

Status Konservasi: Terancam (Endangered)

Kamu harus tahu!

Tarsier adalah primata kecil yang tinggal di hutan subur di pulau-pulau Asia Tenggara, terutama Malaysia, Indonesia dan Filipina bagian selatan. Hewan ini memiliki 18 sub-spesies yang terpusat secara geografis, dengan jenis utamanya adalah Western Tarsier, Eastern Tarsier, dan Philippine Tarsier.

Tarsier suka sembunyi

Walau berada pada level Endangered (Terancam), konservasi populasi Tarsier yang pemalu dan suka sembunyi ini agak susah. Sejauh ini, diketahui bahwa tarsier aktif di malam hari dan hidup di pepohonan. Bulu tarsier sangat lembut, lho, dan berwarna abu-abu kecoklatan. Ia memiliki kaki belakang lebih panjang, yang membuat mereka bisa lompat setinggi 5 meter.

Memang benar ya, kalau...?

Kedua mata tarsier lebih berat daripada otaknya? Benar! Mata tarsier bisa memiliki diameter 16 mm dan memampukan hewan ini berburu dan mewaspadai predator di tengah gelap. Mirip kamera infra-red, ya? Selain itu, tarsier juga lebih mudah berburu karena memiliki kepala yang bisa berputar ke belakang 180 derajat. Jadi, dia tidak perlu balik badan untuk lihat ke belakang.

CEK
TIKET
CEK PROMO