Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Javan Slow Loris



Conservation Status

CR
Critically Endangered


Kembali

Zona BSZ: Nocturnal House

Genus: Nycticebus

Spesies: N. javanicus

Panjang Tubuh: 293 mm

Berat Tubuh: 565-687 g

Rentang Usia: 20 tahun

Habitat: hutan primer atau sekunder, hutan bambu dan mangrove

Penyebaran: daerah barat dan selatan Jawa

Makanan: buah-buahan, getah pohon, cicak dan telur

Jumlah Populasi: -

Status Konservasi: Sangat Terancam (Critically Endangered)

Kamu harus tahu!

Javan slow loris adalah primata strepsirrhine yang banyak terdapat di pulau Jawa, Indonesia. Dahi javan slow loris memiliki pola putih mutiara dengan bentuk strip di sekujur kepala. Dengan berat sekitar 565 gram, ia memiliki panjang tubuh 293 mm.

Penghuni Pohon

Seperti spesies loris lainnya, javan slow loris adalah primata arboreal (berkeliaran di pepohonan). Ia bergerak lambat di antara tanaman rambat atau akar-akaran. Ia tidak melompat dari satu pohon ke pohon lainnya. Dengan aktivitas seperti ini, maka javan slow loris banyak tinggal di hutan primer, atau juga hutan mangrove. Spesies ini adalah omnivora dan biasa beraktivitas sendiri atau berpasangan.

Memang benar ya, kalau...?

Javan slow loris masuk daftar 25 Primata Paling Terancam? Iya. Sedih, ya? Populasi Javan slow loris berkurang drastis akibat diburu dan dijual sebagai binatang eksotis atau ramuan obat tradisional. Sementara itu, populasi yang bertahan tersebar di berbagai titik dan terancam kehilangan habitat. Itulah kenapa International Union for Conservation of Nature (IUCN) memasukkan primata ini dalam daftar proteksi tersebut.

CEK
TIKET
CEK PROMO