Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Jaguar



Conservation Status

NT
Near Threatened


Kembali

Zona BSZ: Secret Zoo

Genus: Panthera

Spesies: Panthera onca

Panjang Tubuh: 1,1 – 1,9 m

Berat Tubuh: 36 - 160 kg

Rentang Usia: 12-15 tahun

Habitat: hutan hujan, kubangan dan dataran terbuka

Penyebaran: Amerika Tengah dan Selatan

Makanan: daging rusa, tapir, surai

Jumlah Populasi: 15.000

Status Konservasi: Terancam (Threatened)

 

Kamu harus tahu!

Jaguar adalah kucing terbesar di benua Amerika! Ukurannya 1,9 m, atau 6 kali panjang tubuh kucing yang terlihat di jalanan kota. Dengan berat tubuh 160 kg jaguar juga dikenal memiliki kelincahan dan tenaga super kuat. Hal ini pun bisa dilihat dari nama ‘jaguar’ yang dalam bahasa Native American (Indian), yaguar, berarti ‘dia yang menghabisi mangsa hanya dalam 1 lompatan.” Wah!

Bulu Jaguar

Meski kuat, jaguar terancam karena terus diburu selama oleh manusia. Yang jadi incaran adalah bulunya yang sangat indah. Bulunya berwarna pirang atau kuning gelap, dan dipenuhi titik-titik berbentuk seperti mawar yang berwarna lebih tua. Walau berburu jaguar kini sudah dilarang, jumlah populasinya telah sangat berkurang. Bahkan, di beberapa area, jaguar sudah tidak ditemukan lagi.

Memang benar ya, kalau...?

Totol-totol jaguar berguna untuk bersembunyi dari musuh? Iya! Walaupun jaguar punya badan kokoh dengan rahang kuat, ia juga perlu sembunyi. Teknik sembunyi bernama kamuflase sangat vital untuk jaguar bertahan hidup, terutama di daerah hutan hujan atau belantara yang lebih terbuka. Mereka jjuga sembunyi untuk memangsa. Jaguar akan betah tinggal di hutan lebat karena banyak tempat sembunyi, mengawasi hewan-hewan seperti rusa atau tapir.

CEK
TIKET
CEK PROMO