Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Brazilian Tapir



Conservation Status

LC
Least Concern


Kembali

Zona BSZ: Secret Zoo

Genus: Tapirus

Spesies: Tapirus indicus

Panjang Tubuh: 1,8 – 2,5 m

Berat Tubuh: 150 - 320 kg

Rentang Usia: 25-30 tahun

Habitat: rimba belantara

Penyebaran: Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara

Makanan: buah-buahan, berry liar, dedaunan

Jumlah Populasi: -

Status Konservasi: Rentan Punah (Vulnerable to Extinct)

 

Kamu Harus Tahu!

Brazilian tapir adalah mamalia besar seukuran babi yang banyak tinggal di hutan hujan Amerika Selatan. Dengan ukuran 1 hingga 2 meter, tapir bisa memiliki berat badan 150-300 kg. Brazilian tapir dewasa memiliki kulit cokelat dengan corak bermacam-macam, biasanya dengan rambut gelap di kakinya yang kokoh.

Tapir Kecil

Bayi tapir akan menyusu selama beberapa bulan hingga induk mereka berhenti memproduksi air susu. Di umur 18 tahun, tapir kecil (disebut calf) sudah siap hidup sendiri, tapi ia baru lepas dari induk agak lama setelahnya. Hal ini dikarenakan, tapir kecil mudah jadi incaran predator besar, seperti jaguar, puma dan juga anakonda.

Memang benar ya, kalau…?

Tapir memiliki belalai? Yup, benar!  Tapir memiliki hidung unik seperti belalai, atau disebut proboscis. Hidung-belalai membantu hewan herbivora ini menjangkau dedaunan yang sulit diraih. Dalam spesiesnya, tapir dengan belalai terpanjang adalah tapir Malaysia, sementara belalai terpendek dimiliki tapir Brazil. Tapir hidup sepanjang waktu di dalam hutan, sesekali berendam dan menyelam dengan pergi ke sungai.

CEK
TIKET
CEK PROMO