Peta Lokasi Kami
Total 0 pengunjung situs
26°C

Ring-tailed Lemur



Conservation Status

LC
Least Concern


Kembali

Zona BSZ: Secret Zoo

Genus: Lemur

Spesies: Lemur Catta

Panjang Tubuh: 9-100 cm

Berat Tubuh: 0.03-10kg

Rentang Usia: 10-14 tahun

Habitat: hutan dan semak belukar di daerah selatan Pulau Malagasy

Persebaran: Madagaskar

Makanan: Buah, daun, serangga (omnivora)

Jumlah Populasi: < 2.000

Status Konservasi: (Least Concern)

 

Kamu harus tahu!

Lemur ekor cincin adalah primata dari sub ordo strepsirrhine yang banyak ditemukan di Madagaskar. Spesies ini paling bisa dikenali karena ekornya yang panjang, hitam, dan bermotif cincin putih. Lemur ekor cincin sangat berkarakter sosial, tinggal di kelompok yang besarnya hingga 30 individu. Selain dipimpin oleh lemur betina, mereka sering terlihat berkerumun untuk menjaga kehangatan dan ikatan sosial. Mereka juga suka berjemur, duduk tegak dengan pusar yang penuh bulu putih dihadapkan ke matahari.

Kehilangan Rumah dan Terancam Predator

Ancaman terbesar lemur adalah pembabatan hutan (deforestasi). Di Madagaskar sendiri sudah terdapat 90% hutan yang dibabat. Akibatnya, jumlah populasi lemur berkurang sangat cepat, karena lemur hanya mau tinggal di pepohonan. Selain itu, predator tossa juga ancaman besar bagi lemur. Tossa hobi sekali makan daging lemur. Walau lemur memiliki reflek yang cepat dan lincah, tossa adalah hewan keras kepala dan tidak kalah cepat. Akibatnya, lemur seringkali jadi santapan predator ini.

Memang benar ya, kalau…?

Lemur bisa nyanyi? Hampir benar! Mereka sebenarnya bukan bernyanyi, tapi memanggil temannya. Untuk berkomunikasi, lemur punya vokal dan panggilan bahaya yang dipahami oleh satu grup. Mirip manusia, ya? Tapi itu baru satu dari sekian kepintarannya. Walaupun otaknya tidak terlalu besar, lemur ekor cincin bisa memahami pola dan memilih peralatan yang pas untuk cari makan, lho!

CEK
TIKET
CEK PROMO